24 August 2011

Hasil Jalan-jalan Gratis yang Jadi Buku

Sampul buku
Apa yang tebersit di pikiran Anda saat mendengar nama Turki? Kebab, Kemal Ataturk, Imperium Turki Usmani, atau keindahan Laut Mediterania? Boleh jadi, jawabannya tergantung minat dan karakter Anda. Bagi penyuka wisata kuliner, mungkin akan langsung berpikir tentang kebab. Kalau kebetulan Anda pembaca setia buku-buku sejarah, pasti langsung terpikir Kemal Ataturk. Atau Anda jenis orang yang mencintai laut dan pantai? Panorama Laut Mediterania pasti langsung terbayang di depan mata.

Itulah keistimewaan Turki. Liburan ke negara ini cocok untuk semua orang. Kalau tujuan Anda hanya ingin bersenang-senang, ada banyak pilihan yang bisa dilakukan. Anda bisa bersantai di klub malam atau menjadi pemuja sinar matahari dengan berjemur setengah telanjang di pantai Mediterania. Bagi peminat wisata religi, Turki adalah salah satu tujuan wisata ziarah yang paling penting di Dunia. Banyak tempat-tempat bersejarah di Turki tertulis dalam kitab suci umat Islam dan Kristen. Belum lagi kekayaan kuliner serta tempat belanjanya yang terkenal. Singkat kata, apapun yang dicari, semuanya ada di Turki!

Pemandangan kota Istanbul
Buku berjudul "Rp2,5 Juta Keliling Turki" adalah buku kedua saya setelah Backpacking: Thailand. Buku kedua ini diterbitkan oleh B-First (Kelompok Bentang) yang dikenal telah menerbitkan seri buku panduan keliling dunia. Penerbitnya berbeda dengan buku pertama karena yang menjadi sponsor perjalanan saya ke Turki adalah penerbit Bentang. Mungkin Anda masih ingat lomba Keliling Dunia Bersama B-First yang diadakan akhir tahun lalu. Nah, kebetulan saya berhasil memenangkan lomba tersebut. Saya mendapat hadiah jalan-jalan gratis ke Turki dan kisah perjalanan tersebut diterbitkan menjadi buku.

Buku "Rp2,5 Juta Keliling Turki" masih meneruskan konsep yang digunakan seri buku keliling dunia yang diterbitkan B-First sebelumnya. Seperti yang sudah Anda ketahui, buku-buku traveling terbitan B-First menggabungkan konsep kisah perjalanan (travelogue) dengan panduan perjalanan (travel guide). Namun, buku "Rp2,5 Juta Keliling Turki" sangat menekankan aspek panduan perjalanan. Meskipun naskah buku disusun dengan cara bercerita, panduan perjalanan yang diberikan cukup detail. Ada petunjuk rute transportasi, daftar akomodasi, tempat makan, tinjauan objek wisata, serta peta-peta lengkap. Singkat cerita, Anda cukup membawa buku panduan ini saja untuk melakukan perjalanan ke Turki!

Panorama Cappadocia
Apa saja yang saya lakukan selama berada di Turki? Semuanya dikupas tuntas dalam buku "Rp2,5 Juta Keliling Turki"! Kisah-kisahnya antara lain menginap di rumah gua di Cappadocia, menikmati pemandangan Laut Mediterania di Izmir, melihat barang-barang peninggalan Nabi Muhammad di Istana Topkapi, mengunjungi desa Muslim penghasil wine, menjelajah kota kuno Ephesus, berbelanja di pusat perbelanjaan tertua di dunia, mengunjungi gereja-gereja kuno peninggalan zaman awal Kristen, bahkan sempat berziarah ke makan Jalaludin Rumi, seorang tokoh sufi yang sangat terkenal. Pokoknya banyak sekali!

Buku "Rp2,5 Juta Keliling Turki" juga membahas dengan rinci kuliner Turki. Bagi pecinta petualangan kuliner, buku ini bisa memberi panduan yang cukup lengkap. Dan jangan lupa, perjalanan ke Turki ini dilakukan dengan cara murah meriah. Namun, meskipun biayanya lebih murah dari paket tur, tempat-tempat yang dikunjungi sangat beragam. Bagaimana caranya agar uang 2,5 jutaan rupiah bisa cukup untuk menjelajah 8 kota di Turki selama 9 hari? Jawabannya ada di buku "Rp2,5 Jutaan Keliling Turki".


Buku "Rp2,5 Jutaan Keliling Turki" mulai tersedia di toko buku pada September 2011. Tebalnya 330 halaman, jadi lumayan puas bacanya. Buku ini juga bisa dibeli melalui situs mizan.com dan bukukita.com. Selamat membaca!


0 comments:

Post a Comment