22 September 2011

Penting! Ralat dan Info Tambahan Buku “Rp2,5 Jutaan Keliling Turki”

 
Bagi yang ingin melakukan perjalanan independen ke Turki dan menggunakan buku “Rp2,5 Jutaan Keliling Turki” sebagai panduan, wajib hukumnya membaca informasi ini. Ada kesalahan kecil dalam penulisan sehingga perlu diralat. Selain itu, ada pula peta rute transportasi yang tidak tercantum di buku tapi bisa diunduh di sini.

Hampir semua objek wisata di Turki yang dibahas dalam buku “Rp2,5 Jutaan keliling Turki” bisa dicapai menggunakan angkutan umum. Panduan menggunakan angkutan umum sudah dituliskan dalam buku. Namun, peta rute transportasi tidak tercantum dalam buku karena terbatasnya jumlah halaman. Sebagai gantinya, Anda bisa mengunduh peta-peta tersebut di sini.


Di bawah ini adalah peta rute trem dan metro di Istanbul. Peta ini sebenarnya bisa didapatkan di bandara Ataturk Istanbul dan tempat-tempat umum lainnya. Tapi sebaiknya Anda mempelajari peta rute ini sebelum terbang ke Istanbul. Saat menulis buku “Rp2,5 Jutaan Keliling Turki”, saya berpatokan pada peta ini. Supaya penjelasan di buku tidak membingungkan Anda, sebaiknya Anda menggunakan peta ini pula. Petunjuk kode dan warna jalur yang tercantum di buku semuanya berpatokan pada peta ini.

Peta rute metro dan trem Istanbul (klik untuk memperbesar)
Kalau Anda ingin mengunjungi Izmir, di bawah ini juga ada peta rute metro Izmir yang bisa diunduh. Harap diperhatikan, tidak semua stasiun metro di Izmir sudah dioperasikan karena sebagian masih dalam tahap pembangunan. Baca baik-baik petanya!

Peta rute metro Izmir (klik untuk memperbesar)
Oh ya, peta rute transportasi umum di Istanbul juga akan segera berubah karena jalur metro dan trem yang baru sedang dalam tahap pembangunan. Ikuti terus blog ini untuk mendapatkan update informasi terbaru. Jangan sampai nyasar di Turki karena tidak mengikuti informasi terbaru di blog ini!

Saya juga ingin membuat sedikit catatan ralat untuk buku “Rp2,5 Jutaan Keliling Turki”. Ini sebenarnya hanya kesalahan kecil, tapi bisa membuat dahi pembaca berkerut. Pada halaman 329 tertulis: “Nilai kurs turkish Lira yang tercantum di sini adalah nilai tukar ketika perjalanan dilakukan (April 2004).”

Kalimat yang benar adalah: “Nilai kurs turkish Lira yang tercantum di sini adalah nilai tukar ketika perjalanan dilakukan (April 2011).”

Dengan demikian, kesalahan penulisan telah diperbaiki dan mohon pembaca maklum. Bagi yang masih penasaran dengan buku "Rp2,5 Jutaan Keliling Turki", baca ulasannya di sini.

0 comments:

Post a Comment