8 April 2012

Flash Mob, Hiburan Baru di Bandara

Courtesy thenational.ae
Saat Anda sedang bosan menunggu pesawat di bandara, jangan kaget kalau melihat sekelompok orang tiba-tiba bernyanyi, menari atau melakukan gerakan-gerakan atraktif secara spontan. Mulai penumpang biasa, satpam bandara, pramugari, penjaga toko duty free, bahkan pilot, turut serta dalam atraksi yang menarik ini. Jangan bingung apalagi marah karena Anda berada di tengah flash mob!

Pasti banyak yang bertanya-tanya, apa sih flash mob itu? Barangkali Anda termasuk orang yang belum pernah mendengar sama sekali istilah ini. Flash mob adalah rangkaian koreografi dan atraksi seni yang seolah-olah dilakukan secara spontan oleh sekelompok orang. Atraksi ini biasanya dilakukan di tempat umum seperti mal, stasiun kereta, bandara, bahkan juga di ruang auditorum saat digelar kuliah umum!

Flash mob biasanya dimulai dengan aksi seseorang yang tiba-tiba berteriak, bernyanyi, memainkan alat musik, atau melakukan gerakan-gerakan aneh yang menarik perhatian. Orang ini berperan sebagai “provokator” yang mempengaruhi orang lain supaya mengikuti aksinya. Singkat cerita, aksi “si gila” ini kemudian diikuti oleh banyak orang, bahkan sampai ratusan orang! Uniknya lagi, setelah pertunjukan selesai, semua penampil lebur dalam keramaian. Suasana langsung berubah seperti sedia kala, seolah-olah tak terjadi apa-apa. 

Meskipun terlihat spontan, flash mob sebenarnya dipersiapkan dengan sangat teliti, sering melibatkan penari dan pemusik profesional. Supaya rencana mereka tidak bisa diendus penumpang, pelakunya berpenampilan seperti awak kabin pesawat, petugas bandara atau seperti penumpang biasa. Atraksi ini juga melibatkan semua kelompok umur, mulai anak-anak sampai orang tua. Tapi tentu saja semuanya adalah penampil yang profesional.

Selain untuk menghibur penumpang, flash mob seringkali juga bertujuan untuk mempromosikan suatu produk. Meskipun flash mob sudah cukup lama dikenal, namun baru beberapa tahun ini saja ditampilkan di bandara.

Pasti Anda penasaran bukan dengan pertunjukan heboh ini. Meskipun belum beruntung bisa melihatnya secara langsung di bandara, video di bawah ini pasti akan menghibur Anda. Silahkan simak beberapa aksi flash mob yang direkam di bandara-bandara terkenal di seluruh dunia. 

Rafic Hariri International Airport, Beirut 
Lebanon terkenal dengan tarian dabke yang sudah menjadi ciri khas negara itu. Bagaimana kalau tarian tradisional ini dikemas dalam flash mob?


Dubai International Airport, Dubai
Bandara Dubai sangat terkenal duty free mereka. Penasaran dengan aksi flash mob di Dubai Duty Free?


Changi Airport, Singapura
Bandara di negara tetangga kita itu rupanya tak mau kalah. Inilah pertunjukan yang mereka sebut Million Dollar Flash Mob.


Mumbai International Airport, Mumbai
Wow, goyang Bolywood masuk bandara Mumbai. Seperti apa aksinya?


LAX International Airport, Los Angeles
Kejutan manis di hari natal. Flash mob yang betul-betul terlihat spontan.


Lisbon Airport, Lisbon
Inilah video favorit saya. Meskipun koreografinya sangat bagus, kesan spontannya tidak hilang. Tapi kenapa mereka biasa-biasa saja saat mendengar pengumuman itu? Apakah orang Eropa sudah kehilangan selera humor?


Bagaimana, ada video yang menjadi favorit Anda? Kapan ya ada di bandara di Indonesia? Jangan lupa, klik tombol "share" di bawah ini kalau Anda suka video-video ini!

BACA JUGA:
Dansa Lady Gaga ala Pramugari Cebu Pacific
Sumpah Laknat dan Silang Kutuk dalam Media Malaysia
Enam Hal Gratis yang Bisa dilakukan di Dubai
Tidur Nyenyak di Penginapan Murah