7 June 2012

Derita Demi Sang Dewa

Apa festival kebudayaan terbesar di Malaysia? Jawabannya pasti Thaipusam. Diperkirakan lebih dari satu juta orang berpartisipasi dalam upacara keagamaan Hindu Tamil ini. Meskipun menjadi tontonan menarik, Thaipusam bukan sekadar pertunjukan menusuk dan menindik tubuh dengan benda tajam. Perayaan ini memiliki makna spiritual yang sangat dalam bagi pemeluk Hindu Tamil.

Perayaan Thaipusam dimulai pada malam bulan purnama di bulan Thai menurut penanggalan Tamil, biasanya jatuh pada akhir Januari atau awal Februari menurut kalender Masehi. Perayaan ini didedikasikan untuk Murugan, putra Dewa Siwa dan Pawarti. Menurut mitologi Hindu Tamil, pada malam tersebut Dewi Pawarti memberikan tombak sakti pada putranya Murugan sebagai senjata untuk mengalahkan kekuatan iblis bernama Surapadman. Itulah sebabnya, perayaan Thaipusam sering pula dimaknai sebagai hari kemenangan kebajikan melawan kejahatan.

Ini adalah perayaan keagamaan paling penting bagi kaum Tamil Nadu yang mendiami India bagian selatan dan Srilanka. Tradisi ini masih diteruskan oleh komunitas diaspora Tamil yang kini bermukim di Malaysia, Singapura, Afrika Selatan, serta belahan dunia lainnya. Saat ini sedikitnya ada 1,8 juta orang Tamil yang tinggal di Malaysia. Karena jumlahnya cukup besar, perayaan Thaipusam di Malaysia dirayakan besar-besaran pula, bahkan jauh lebih meriah dari negara asalnya di India.


Baca artikel ini selengkapnya di Garuda Inflight Magazine, edisi Juni 2012. 

Baca juga: