7 July 2012

Kopitiam, Kedai Kopi yang Tak Lekang oleh Zaman

Tipikal kopitiam tradisional
Tradisi minum kopi sudah lama hidup dalam masyarakat Malaysia. Pagi hari sebelum berangkat bekerja, banyak orang mampir dulu ke kedai-kedai kopi untuk menyantap menu sarapan, dan tentu saja sambil menikmati secangkir kopi. Di kalangan masyarakat keturunan Cina di Malaysia, kedai kopi ini populer disebut kopitiam.

Kopitiam berasal dari kata “kopi” dalam bahasa Melayu, dan “tiam” yang berarti kedai dalam bahasa Hokkien. Kedai kopi tradisional Cina ini sebenarnya tak hanya dikenal di Malaysia, tapi juga bisa ditemukan di Singapura dan Kepulauan Riau. Pemilik kopitiam biasanya warga keturunan Cina dan pelanggannya juga didominasi oleh komunitas itu sendiri.

Saat ekonomi Malaysia belum maju seperti sekarang, banyak orang mampir ke kopitiam untuk membaca surat kabar, karena mereka tidak mampu membeli koran sendiri. Dulu menu yang disajikan di kopitiam juga lebih sederhana, hanya roti kaya serta makanan ringan untuk sarapan. Tapi kini menu yang disajikan lebih beragam, bahkan dijual pula makanan berat. Istilah kopitiam kini juga dipakai oleh kafe-kafe modern di mal, tapi tentu saja suasananya jauh berbeda dengan kopitiam tradisional.

Suasana sebuah kopitiam di Penang
Untuk merasakan suasana kedai kopi tradisonal yang sesungguhnya, saya menyempatkan diri mampir di sebuah kopitiam yang letaknya tak jauh dari Chowrasta Market, jantung kawasan pecinan di Penang.

Entah karena mata saya yang agak sipit, pemilik kopitiam langsung menyapa saya dengan bahasa Hokkien. Wah, ternyata saya dikira Penangites tulen!

Pelayan kopitiam umumnya berusia setengah baya, tapi mereka sangat cekatan dalam bekerja. Kopi susu dan wantan mee yang saya pesan bisa disiapkan dalam tempo kurang dari 3 menit! Saya sungguh terkesan, selain ramah mereka juga melayani pembeli dengan sangat cepat. 

Sajian kopi ala kopitiam
Wantan mee, hidangan sarapan yang populer di kopitiam
Kopitiam di Malaysia punya beberapa istilah khusus untuk menyebut jenis minuman yang akan kita pesan. Supaya Anda tidak bingung saat ingin memesan minuman, berikut ini keterangan beberapa istilah kopitiam yang populer.    

Kopi oh = kopi hitam panas dengan gula
Kopi oh peng = es kopi hitam dengan gula
Kopi oh kosong = kopi hitam panas tanpa gula
Kopi oh kosong peng = es kopi hitam tanpa gula
Kopi 'c' = kopi panas dengan susu
Kopi 'c' peng = es kopi dengan susu
Teh oh = teh manis panas dengan gula
Teh oh peng = es teh manis
Teh oh kosong = teh panas tawar
Teh oh kosong peng = es teh tawar
Teh 'c' = teh susu panas
Teh 'c' peng = es teh susu

Meskipun sebutannya kelihatan agak rumit, rumusnya sebenarnya cukup sederhana. Anda tinggal menambahkan kata “peng” untuk minuman dengan es dan kata “kosong” untuk minuman tanpa gula. Oh ya, di daerah Kepulauan Riau istilahnya juga hampir sama. Misalnya ada istilah teh obeng (dari kata teh oh peng) untuk es teh manis, dan teh O kosong untuk menyebut teh panas tanpa gula. Cukup unik, bukan?

Baca juga:

0 comments:

Post a Comment