17 October 2012

Transportasi Murah Menuju Bandara Don Mueang Bangkok

Bandara Don Mueang, Bangkok
Sejak 1 Oktober 2012 lalu, maskapai berbiaya murah Air Asia telah memindahkan semua layanan penerbangannya dari bandara Suvarnabhumi ke bandara Don Mueang. Bagi yang terbiasa menggunakan angkutan umum, perpindahan ini barangkali menimbulkan sedikit kebingungan karena bandara Don Mueang belum terhubung dengan airport link. Tapi Anda tak perlu khawatir, saya akan memberi petunjuk bagaimana mencapai bandara Don Mueang dengan ongkos super murah bahkan gratis!
 
Sebenarnya ada cukup banyak alternatif transportasi umum menuju bandara Don Mueang. Cara yang paling murah adalah menumpang bus nomor 29 yang berangkat dari stasiun kereta Hua Lamphong. Rute bus ini juga melewati tempat-tempat strategis lainnya seperti MBK, Victory Monument dan Chatuchak Weekend Market. Ongkosnya 6,5 baht saja alias kurang dari dua ribu perak untuk sekali jalan. Saat akhir pekan dan hari libur, bus ini bahkan bisa ditumpangi secara gratis! Nah, siapa yang tidak mau angkutan gratis ke bandara?


Namanya saja naik bus kota, pasti tidak senyaman menumpang taksi. Tapi dengan ongkos semurah itu, Anda yang punya budget tipis dan hanya membawa sedikit barang bawaan pasti tertarik mencobanya, bukan? Apalagi bus kota di Bangkok juga lumayan aman. Tak ada sopir yang kebut-kebutan dan bus hanya berhenti di halte yang sudah ditentukan. 

Inilah penampakan bus nomor 29
Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalau Anda memilih menggunakan bus nomor 29 ini. Rute bus ini melewati jalur yang lumayan padat sehingga sering macet pada jam-jam sibuk. Jadi, pastikan Anda meluangkan waktu yang cukup longgar supaya tidak ketinggalan pesawat.

Saya membutuhkan waktu 1 jam 20 menit untuk mencapai bandara Don Mueang dari halte MBK dengan bus nomor 29. Saat itu kondisi lalu lintas padat merayap dari MBK sampai Victory Monument, tetapi lumayan lancar setelah melewati Chatuchak Weekend Market. Penumpangnya juga cukup ramai, tetapi tidak sampai berdesak-desakan sekali. Setelah melewati Victory Monument, banyak penumpang yang turun sehingga bus menjadi lebih lengang.

Kalau mau lebih cepat, Anda bisa menggunakan BTS atau MRT, turun di stasiun Mochit. Dari sana, Anda tinggal meneruskan perjalanan dengan menumpang bus nomor 29 untuk mencapai bandara Don Mueang. Cara ini akan menghindari Anda dari kemungkinan terjebak macet di jalur padat di kawasan MBK sampai Victory Monument.

Oh ya, bus nomor 29 ini juga ada yang dilengkapi AC. Ongkosnya lebih mahal, 18 baht (sekitar 5 ribu rupiah) dari MBK menuju bandara Don Mueang. Tapi tetap jauh lebih murah dari taksi, bukan? 

Bus nomor 29 yang dilengkapi AC
Bus nomor 29 tanpa AC beroperasi 24 jam, sedangkan yang dilengkapi AC beroperasi jam 5 pagi sampai tengah malam.

Rute bus lainnya yang melewati bandara Don Mueang antara lain bus nomor 4 dari Silom, bus nomor 59 dari Sanam Luang Park (dekat Khaosan Road), bus nomor 10 dari Southern Bus terminal, serta bus nomor 13 dari Sukhumvit dan Eastern Bus Terminal. 
Stasiun kereta api Don Muang
Alternatif transportasi murah lainnya adalah menggunakan kereta api. Anda bisa naik kereta api dari stasiun Hua Lamphong menuju stasiun Don Mueang dengan ongkos 5 baht saja. Kereta beroperasi dari jam 4 pagi sampai 11 malam. Interval keberangkatannya setiap 30-60 menit dengan lama perjalanan sekitar 1 jam.

Lalu bagaimana dengan transportasi umum dari bandara Don Mueang menuju pusat kota Bangkok? Tak perlu bingung, sama mudahnya kok. Setelah Anda keluar dari area kedatangan bandara, tinggal ikuti saja petunjuk yang menerangkan lokasi halte bus. Ikuti terus petunjuk tersebut sampai Anda berada di pinggir jalan raya. Nah, disitulah halte bus berada.

Petunjuk lokasi perhentian bus di bandara Don Muang
Ikuti terus petunjuk lokasi sampai Anda menemukan tanda ini
Inilah perhentian bus di depan bandara Don Muang
Di halte bus bandara Don Mueang, sering berhenti mobil van yang bisa membawa Anda ke stasiun BTS terdekat. Namun mobil van ini hanya diberi keterangan dengan aksara Thai, jadi Anda perlu konfirmasi dulu dengan sopirnya supaya tidak salah jurusan.

Ternyata, cukup mudah bukan menggunakan transportasi umum dari dan menuju bandara Don Mueang. Kalau Anda punya nyali petualang, jangan ragu untuk menggunakan cara ini. Dijamin uang yang dikeluarkan jauh lebih hemat dari ongkos taksi!

Baca juga:
Enam Hal Gratis yang Bisa Dilakukan di Dubai