20 December 2013

Samsung GALAXY S4 Zoom & S4 Mini, HP Android buat Para Traveller

 
Siapa yang tidak mau mengabadikan momen indah perjalanan dalam foto? Rasanya setiap orang ingin melakukannya. Apalagi buat saya yang hobi menulis untuk blog, melampirkan foto menjadi wajib hukumnya. Apa jadinya kalau artikel yang saya tulis tidak menyertakan foto, bisa-bisa tulisan saya dikira cerita bohong.

Bicara tentang memotret, terus terang saya tidak mau menggunakan kamera yang berat dan ribet. Alasannya sederhana, saya ingin barang bawaan tetap ringan dan ringkas. Pokoknya, semua barang bawaan saya harus bisa masuk dalam ransel saya yang berukuran 45 liter.

Nah, saat ini saya sedang mempertimbangkan untuk mengganti ponsel lama saya dengan smartphone yang tidak hanya cocok buat travelling, tetapi cocok juga untuk kebutuhan harian. Smartphone tersebut harus dilengkapi dengan kamera yang bisa menghasilkan foto berkualitas, serta bisa diandalkan pula untuk menjalankan berbagai aplikasi yang berhubungan dengan dunia travelling.

Pilihan pertama saya sudah pasti ke HP Android, karena saya sudah terlalu nyaman dengan OS yang satu ini. Untuk mereknya, pilihan saya jatuh pada Samsung karena saya sudah familiar dengan penggunaannya. Pertimbangan lainnya, variasi produknya banyak dan sangat lengkap, penting buat orang yang selektif seperti saya. Terakhir, berdasarkan pengalaman dari banyak kenalan yang sudah menggunakan HP Android Samsung, merek ini sangat mereka rekomendasikan. Mereka tak pernah menemukan masalah dengan produk Samsung, sangat sesuai antara kualitas dengan harganya.

Setelah melihat-lihat spesifikasi Hp Android Samsung, ada dua tipe yang rasanya paling cocok untuk saya: Samsung GALAXY S4 Mini dan Samsung GALAXY S4 Zoom.

Samsung GALAXY S4 Mini punya ukuran yang kompak, pas buat dimasukan ke saku celana, serta dilengkapi layar amoled yang sangat jernih, membuat hasil jepretan kamera 8 megapikselnya jadi terlihat semakin maksimal.

Yang seru buat para travellers, GALAXY S4 Mini memiliki aplikasi yang disebut S-Travel. Melalui aplikasi ini, saya bisa melihat rekomendasi destinasi wisata menarik. Aplikasi S-Travel ini didukung oleh Trip Advisor, sebuah situs internet penyedia informasi wisata yang terpercaya. Nah, dengan GALAXY S4 Mini, semua informasi yang disajikan di Trip Advisor bisa diakses dengan menggunakan ponsel saja. Sangat praktis, bukan?

Seperti apa praktisnya? Baiklah, akan saya beri contoh sedikit bagaimana mudahnya menggunakan aplikasi S-Travel ini. Misalnya saya ingin melakukan perjalanan ke Barcelona, maka saya cukup mengetik Barcelona di aplikasi ini, lalu semua informasi tentang hotel, restoran, lokasi-lokasi wisata menarik, lengkap dengan foto-fotonya akan langsung muncul!

Selain itu, GALAXY S4 Mini juga menawarkan aplikasi yang penting sekali untuk pecinta jalan-jalan yang suka bepergian bersama teman, nama aplikasinya Group Play. Nah, melalui aplikasi Group Play ini, kita bisa sharing screen dengan beberapa teman untuk membagi foto yang diambil pada ponsel masing-masing. Kalau ada foto yang saya mau, tinggal saya save ke HP tanpa harus repot-repot kirim via chat.

Saat bosan menunggu bus atau pesawat, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi Group Play untuk bermain game bareng, jadi bisa main multiplayer di layar HP masing-masing. Seru bukan bisa bermain game bersama teman di tengah perjalanan? Group Play juga bisa digunakan untuk memutar musik stereo. Fitur ini sangat unik karena ponsel kita bisa dipakai sebagai player untuk mengatur volume suara di ponsel lain yang dijadikan speaker kanan dan kiri.

Lebih asyik lagi, di tahun 2013 ini Samsung akan meningkatkan kemampuan Group Play dengan layanan sharing screen untuk menonton video. Jadi kalau seorang teman punya film bagus di ponselnya, kita tidak perlu meminjam ponselnya atau mengkopinya ke ponsel kita, tapi cukup nonton bareng lewat Group Play.

Hebatnya lagi, teknologi ini bisa menggabungkan gambar video dengan menjajarkan beberapa layar ponsel. Kita serasa menikmati tontonan dari layar lebar hanya dengan menggunakan ponsel. Saya benar-benar harus mengacungkan jempol untuk teknologi Samsung yang satu ini!

Fitur-fitur keren itu, ditambah list of photo editor apps dan sosial media saya, tetap nyaman digunakan bergantian karena GALAXY S4 Mini menggunakan prosesor dual core dan RAM yang besar, jadi tidak masalah digunakan secara multitasking. Singkat kata, GALAXY S4 Mini ini sangat cocok dibawa dalam perjalanan, namun tetap pas pula digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Sementara untuk GALAXY S4 Zoom, HP Android ini punya pesonanya sendiri lewat kamera yang sangat canggih. Tampilan depannya kurang lebih mirip Samsung GALAXY S4 Mini, tapi tampilan belakangnya persis kamera saku. Bayangkan, GALAXY S4 Zoom dilengkapi kamera 16 megapiksel yang setara dengan kemampuan kamera poket handal yang banyak dijual di pasaran sekarang. Untuk diketahui saja, resolusi 16 megapiksel ini memungkinkan kita mencetak foto sampai ukuran 20R.


Samsung GALAXY S4 Zoom dibekali kamera 16 megapiksel (courtesy samsung.com)
Oh ya, mengapa ponsel ini namanya Zoom, itu ternyata menjadi salah satu kelebihannya. Kamera GALAXY S4 Zoom berkemampuan optical zoom sampai 10 kali! Kita bisa memotret close-up white rhino yang hampir punah di Kruger National Park South Africa, plus otomatis bisa tagging lokasinya.

Uniknya lagi, GALAXY S4 Zoom juga punya fitur in-call photo share, yaitu fitur yang memungkinkan kita untuk membagi foto atau memotret sambil tetap menelepon. Sudah begitu, waktu dipakai menelepon pun, sinyal 3G di GALAXY S4 Zoom bisa tetap aktif. Jadi saat menelepon keluarga di tengah perjalanan liburan, saya bisa secara real-time memotret tempat menakjubkan yang sedang saya lihat. Pasti keluarga saya jadi iri ingin jalan-jalan juga, atau mereka malah ingin punya GALAXY S4 Zoom juga, he he...

Kalau lihat spesifikasinya di website, kapasitas baterai GALAXY S4 Zoom juga besar. Menonton video non-stop bisa sampai 10 jam, pasang musik bisa sampai 46 jam. Selain foto, kemampuan merekam videonya juga hebat dengan frame rate sampai 30fps. Pokoknya kualitas gambarnya sangat oke, bahkan untuk slow motion sekalipun. Sangat tepat dibawa travelling.

Kesimpulannya, menurut saya kedua HP Android ini cocok sekali untuk para pecinta jalan-jalan. Pilihannya bergantung pada karakter perjalanan serta preferensi pemakainya. Jadi selamat memilih dan have a fun journey!

Baca juga:
Tempat Makan Halal yang Murah di Bangkok
Panduan Backpacking ke Vietnam dan Kamboja
Ada Sepotong Surga di Masjid Nabawi
Tips Menginap di Hostel untuk Backpacker Pemula

0 comments:

Post a Comment