19 December 2013

Tempat Makan Halal yang Murah di Bangkok

 
 
Meskipun Thailand bukan negara Muslim, tak sulit mendapatkan makanan halal di negeri yang mayoritas penduduknya beragama Buddha itu. Bahkan di kota-kota kecil di utara Thailand seperti Mae Sai dan Chiang Rai, makanan halal bisa didapatkan dengan mudah. Apalagi di Bangkok, kota besar dan sering didatangi wisatawan asing, pilihan makanan halal jauh lebih banyak.

Ada trik sederhana untuk mendapatkan makanan halal di suatu kota yang belum pernah Anda kunjungi. Carilah lokasi masjid, karena biasanya selalu ada rumah makan halal di sekitar kawasan itu. Rumus ini juga berlaku di Bangkok. Jadi di mana ada masjid, kemungkinan besar di situ ada tempat makan halal.


Perhatikan papan petunjuk masjid seperti ini
Selain di sekitar masjid, hampir semua mal besar di Bangkok memiliki gerai makanan halal. Misalnya MBK, setidaknya ada lima gerai makanan halal di pusat perbelanjaaan yang sangat terkenal itu. Begitu pula dengan Siam Paragon, Siam Discovery, Platinum, serta tempat belanja terkenal lainnya. Jelilah melihat simbol halal yang selalu terpasang di muka konter makanan halal di mal-mal. Atau cukup minta bantuan satpam dan petugas di mal tersebut, pasti mereka akan membantu Anda dengan senang hati.


Warung makanan halal di Chatuchak Weekend Market
Anda mungkin tidak menyangka bahwa tempat belanja bernuansa lokal seperti Chatuchak Weekend Market memiliki banyak tempat makan halal. Sulit menghitung ada berapa banyak gerai makanan halal di pasar akhir pekan ini karena jumlahnya lumayan banyak. Perhatikan saja soi (lorong) yang memiliki tempat makan, pasti Anda akan menemukan setidaknya satu tempat makan halal.

Salah satu tempat makan halal yang paling terkenal di Chatuchak Weekend Market adalah Saman Islam yang berlokasi di Soi 24, Section 16. Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai menu tradisional Thai seperti tom yam goong, pad thai, serta nasi dengan lauk pauk. Semuanya ditanggung halal!

Ramazan Doner Kebab
Pilihan lainnya adalah Sara Halal Food yang terletak di Soi 14. Jenis makanan yang disajikan Sara hampir sama seperti Saman Islam, tetapi menu mereka disajikan ala carte atau hanya dimasak setelah dipesan. Bagi pencinta kebab, ada Ramazan Doner Kebab yang terletak di Section 3 dan Section 8, menyajikan aneka kebab ayam dan daging sapi yang lezat.

Di Section 5 Anda juga bisa menemukan kedai sate, martabak dan teh tarik yang merupakan sajian khas Thailand selatan. Penjualnya memang berasal dari Pattani, dekat perbatasan Malaysia. Mereka bisa berbahasa Melayu, jadi Anda bisa berkomunikasi dengan mudah.

Kalau masih belum puas, masih ada gerai penjual sosis panggang halal di Section 2 yang berlokasi dekat MRT Kamphaeng Phet. Sosisi panggang mereka disajikan dengan saus pedas yang menggugah selera. Di sebelahnya juga ada gerai penjual jus jeruk, minuman segar untuk mengobati rasa haus di Chatuchak Weekend Market yang panas.

Supaya Anda lebih mudah menemukan lokasi tempat makan halal di Chatuchak, lihat lampiran peta Chatuchak Weekend Market di bagian akhir buku ini. Peta tersebut juga bisa didapatkan di pintu-pintu masuk Chatuchak Weekend Market.

Bagi pejalan gaya ransel yang biasanya menginap di sekitar Khaosan Road, Anda tak perlu pusing lagi untuk mendapatkan makanan halal karena ada banyak tempat makan halal murah meriah di area tersebut. Lokasi warung-warung ini ada di sekitar Masjid Chakrabongse, tepatnya di Trok Surao, Chakrapong Road.

Masjid Chakrabongse bisa pula dijadikan tempat ibadah untuk menunaikan salat Jumat bagi pejalan yang tinggal di sekitar Khaosan Road. Meskipun masjid ini berada di dalam gang, bangunannya ternyata lumayan besar. Sepanjang lorong menuju masjid ini, Anda juga akan menemukan banyak warung-warung yang menyediakan makanan halal.

Mustafa sedang menyiapkan sup daging halal andalannya
Tempat makan halal yang paling nyaman di sekitar Masjid Chakrabongse adalah rumah makan milik Mustafa, lelaki keturunan India namun lahir dan tumbuh besar di Bangkok. Meskipun rumah makan miliknya tidak memiliki daftar menu dalam bahasa Inggris, Mustafa cukup mahir berbahasa Inggris. Jadi soal komunikasi tak akan jadi masalah kalau Anda makan di sini.

Menu unggulan di rumah makan Mustafa adalah sup daging sapi yang selalu tersedia di pagi hari. Mereka juga menyajikan nasi dan lauk pauk dengan harga yang cukup terjangkau. tempatnya sangat bersih dan nyaman, pokoknya Anda tak perlu ragu untuk makan di situ.

Pilihan tempat makan halal lainnya untuk khaosaner bisa ditemukan di Phrasumen Road, tak jauh dari Phrasumen Fort (lihat peta kawasan Khaosan Road). Di sini ada beberapa warung kaki lima halal yang buka mulai sore hari. Menu yang mereka tawarkan ada nasi dan lauk pauk, martabak, serta tom yam goong.

Baca juga:

0 comments:

Post a Comment