31 January 2014

Kiat Memilih Akomodasi Bertarif Hemat di Bangkok

Mau menginap di mana? Demikian pertanyaan yang muncul di benak banyak orang setelah memutuskan destinasi yang akan dikunjungi. Perkara ini terasa agak rumit untuk Bangkok karena pilihan akomodasinya luar biasa banyak di area yang sangat tersebar pula. Bayangkan saja, Bangkok punya lebih dari 1000 buah hotel, hostel dan guesthouse, bagaimana harus memilihnya?

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih akomodasi di Bangkok adalah soal bujet perjalanan. Situs-situs reservasi di internet sekarang ini sudah menyediakan fitur pengelompokan harga, sehingga memudahkan Anda untuk memilih akomodasi sesuai bujet. Anda juga akan terbantu dengan banyaknya pilihan akomodasi Bangkok dengan berbagai rentang harga, mulai yang sangat murah sampai yang mahal.

Soal lainnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah faktor lokasi. Anda jangan pernah tergiur dengan tarif murah tanpa mencari tahu di mana lokasi hotel atau hostel tersebut. Ini penting karena Bangkok adalah kota yang sangat luas. Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk transportasi kalau lokasi tempat menginap tidak strategis atau sulit dijangkau dengan angkutan umum.

Selain itu Anda juga perlu bertanya pada diri sendiri, sebenarnya Anda termasuk wisatawan tipe apa? Apakah Anda backpacker, turis yang senang belanja, atau tipe pelancong yang pergi bersama keluarga? Ini juga perlu diketahui karena beberapa lokasi di Bangkok sangat identik dengan tipe wisatawan tertentu. Misalnya untuk backpacker, mereka biasanya memilih akomodasi di sekitar Khaosan Road. Begitu juga bagi yang senang belanja, lokasi di sekitar pusat perbelanjaan akan menjadi pilihan yang lebih tepat.

Nah, untuk memudahkan Anda memilih akomodasi yang tepat di Bangkok, berikut ini ulasan tiap-tiap lokasi yang dikenal sebagai kantong akomodasi di Bangkok. Dicantumkan pula beberapa rekomendasi tempat menginap dengan rentang harga yang bisa disesuaikan dengan bujet Anda. Untuk mendapatkan pilihan yang lebih beragam, Anda bisa membuka situs-situs reservasi seperti agoda.com, booking.com, hostelworld.com dan hostelbookers.com.

Khaosan Road
Hotel bujet serta penginapan murah untuk backpacker sudah lama menjadi bagian Khaosan Road. Anda bisa mendapatkan penginapan sederhana di sini dengan tarif mulai 150 baht saja. Selain penginapan, Anda juga bisa menemukan banyak kafe, rumah makan, warung internet, serta agen perjalanan. Fasilitas yang lengkap ini akan membuat perjalanan Anda semakin mudah.

Khaosan Road tidak bisa dijangkau dengan BTS atau MRT, namun transportasi umum lainnya seperti bus, taksi dan Chao Phraya Express Boat membuat kawasan ini cukup mudah dijangkau. Kalau Anda ingin tinggal di kawasan ini, cobalah pilih akomodasi yang terletak di sekitar Soi Rambuttri atau Samsen Road yang lebih tenang. Jangan pilih penginapan yang terlalu dekat Khaosan Road karena kondisinya akan sangat berisik di malam hari.


Khaosan Road menjadi kawasan hunian backpacker yang  paling terkenal di Bangkok  
Sukhumvit
Banyak wisatawan memilih Sukhumvit sebagai lokasi menginap karena kawasan ini mudah dijangkau dengan BTS serta lebih dekat dengan bandara Suvarnabhumi. Sukhumvit juga sangat kondang di kalangan turis asal Jepang, Korea dan Timur Tengah. Tak heran kalau restoran yang menyediakan makanan dari negara-negara tersebut mudah ditemui di kawasan ini. Suasananya memang sangat kosmopolitan, membuat wisatawan merasa berada di negaranya sendiri.

Silom
Ingin tinggal di pusat kota yang dekat dengan tempat belanja serta pusat hiburan malam? Jika itu yang Anda inginkan, pertimbangkan Silom sebagai lokasi tempat menginap. Silom juga sangat mudah diakses dengan BTS atau MRT, membuat acara jalan-jalan Anda bebas stres karena terhindar dari kemacetan.

Selain hotel bujet, Silom juga menyediakan banyak akomodasi untuk backpacker, meskipun dari soal harga tetap belum bisa menyaingi Khaosan Road. Namun para turis ransel tetap mendapat keuntungan karena lokasinya lebih strategis, sehingga biaya transportasi menjadi lebih murah.

Siam
Kawasan Siam tak diragukan lagi adalah kiblatnya aktivitas belanja di Bangkok. Pusat perbelanjaan yang paling terkenal di Bangkok seperti MBK, Siam Paragon dan Siam Discovery terletak di kawasan itu. Jadi kalau Anda hobi belanja, memilih Siam sebagai lokasi menginap adalah keputusan yang tepat.

Tinggal di area Siam juga akan memudahkan Anda untuk menjangkau lokasi lainnya di Bangkok, seperti kawasan kota lama, Sukhumvit, Silom dan Chatuchak.


Kamar hostel Lub D di kawasan Siam (courtesy lubd.com)
 Daftar lengkap akomodasi bujet yang direkomendasikan di kawasan Khaosan Road, Siam, Sukhumvit dan Silom bisa didadapatkan di buku Telusur Bangkok, terbitan ElexMedia Komputindo


0 comments:

Post a Comment