1 March 2013

Ini Dia Makanan Kaki Lima yang Populer di Bangkok

Bangkok kerap disebut-sebut sebagai ibukotanya makanan di Asia. Boleh dikata, tiap sudut jalanan ramai di kota itu dipenuhi dengan pedagang makanan, hampir selama 24 jam. Beragamnya menu yang ditawarkan serta harga yang terjangkau, benar-benar membuat Bangkok menjadi surga kuliner yang mengasyikkan!

Berbeda dengan kebanyakan kota lain, tak ada stigma buruk mengenai hidangan kaki lima di Bangkok. Penikmat makanan jalanan ini terdiri dari berbagai kelas sosial dan usia, mulai pekerja kasar, anak sekolah, sampai karyawan berdasi. Singkat cerita, tak ada kata gengsi bagi pencinta makanan jalanan Bangkok, semuanya duduk satu meja untuk menikmati hidangan favorit mereka.

Hidangan Thailand umumnya berbumbu tajam dengan rasa dominan pedas dan asam. Orang Indonesia biasanya tak sulit menyesuaikan diri dengan makanan ini karena menu tradisional kita memakai bumbu yang sama. Namun makanan Thailand punya cita rasa sangat khas yang membuatnya berbeda dengan makanan dari daerah lain. Supaya Anda makin familier, coba dulu beberapa hidangan Thai paling populer berikut ini. Yuk, makan!

Som Tam (Papaya Salad)
Som tam atau papaya salad aslinya berasal daerah Thailand utara, tapi sekarang menjadi makanan yang sangat populer di seluruh Thailand. Menariknya, dahulu makanan ini dianggap santapan kaum papa, namun saat ini justru menjadi menu favorit keluarga raja Thailand. Bahkan, saking cintanya dengan som tam, putri kedua Raja Bhumibol Adulyadej yang bernama Sirindhorn, sempat membuat lagu berlirik cara membuat som tam. Bukan main!

Penjual som tam mudah dikenali dari cobek yang mereka gunakan, mirip seperti yang dipakai penjual rujak di Indonesia. Bahan dasar makanan ini adalah pepaya mengkal yang diparut, lalu dicampur dengan tomat dan kuah asam pedas. Ada beberapa variasi dengan menambahkan telur asin, kacang tanah sangrai, ebi dan kepiting kering. Rasanya cukup pedas, cocok dijadikan hidangan pembuka untuk membangkitkan selera makan.
Som tam atau papaya salad 
Khao Tom (Rice Soup) 
Bagi mereka yang kurang suka makanan berbumbu tajam, khao tom atau rice soup ini bisa dijadikan pilihan. Orang Thai biasanya menjadikan khao tom ini sebagai menu sarapan, tapi sebenarnya cocok pula disantap sebagai hidangan makan malam yang tak terlalu berat. Bahannya cukup sederhana, hanya nasi yang dicampur kuah sup ikan, udang atau ayam. Bumbunya memakai jahe dalam jumlah cukup banyak, sangat menyegarkan serta berkhasiat mengobati gejala flu.
Khao tom atau rice soup
Pad Thai (Thai Style Fried Noodle) 
Pad thai adalah makanan Thailand yang paling terkenal dan menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia. Mi goreng khas Thailand ini punya cita rasa yang berbeda dengan hidangan sejenis yang biasa ditemui di negara Asia Tenggara lainnya. Mi yang digunakan bisa macam-macam, misalnya bihun, kwetiaw dan mi kuning. Hal yang paling khas dari pad thai versi Thailand adalah taburan kacang tanah giling yang membuat cita rasanya semakin gurih. Jangan lupa pula untuk menambahkan berbagai penambah rasa seperti bubuk cabai, acar cabai dan saus ikan.
Pad thai
Tom Yum Goong (Hot and Sour Soup)
Menu ini sudah cukup familier bagi kebanyakan orang, serta banyak pula tersedia di restoran-restoran di Indonesia. Tapi kalau Anda mencoba versinya yang asli di Thailand, rasanya dijamin lebih mantap. Banyak orang menyukai tom yam goong karena menu ini merupakan perpaduan yang pas antara rasa manis, asam, pedas dan asin. Sup yang sangat menyegarkan ini sering disajikan dengan udang, cumi atau ayam. Aromanya sangat khas dengan bumbu daun serai, daun lengkuas dan jeruk nipis, cocok dijadikan teman nasi.
Tom yum goong 
Tod Mun (Fish Cake) 
Penjual tod mun atau fish cake mudah ditemui di sudut-sudut jalanan Bangkok yang ramai. Ini adalah makanan ringan yang sangat populer, terbuat dari daging ikan yang digiling, lalu digoreng sampai berwarna kecoklatan. Supaya rasanya tambah nikmat, tod mun biasa dinikmati bersama saus cuka dan irisan ketimun.
Tod mun atau fish cake 
Khao Niao Mamuang (Mango and Sticky Rice) 
Makanan Thailand tak terlalu banyak menyediakan pilihan hidangan penutup. Tapi yang satu ini bisa dijadikan pilihan karena bentuk dan rasanya cukup unik. Khao kiao mamuang terdiri dari beras ketan putih yang dimasak dengan santan dan garam. Yang membuatnya unik, nasi ketan ketan gurih ini disantap bersama potongan-potongan buah mangga. Membayangkannya saja langsung bikin ngiler!
Mango and sticky rice 
Baca juga: 
Trik Mendapatkan Akomodasi Murah di Thailand
Panduan Backpacking ke Thailand
Apa Bedanya Turis dan Pejalan?
Sandwich Ikan ala Turki

0 comments:

Post a Comment