20 November 2016

Galau, Pilih ke Maroko atau Georgia dan Armenia?


Sekarang, saya tahu rasanya bagaimana senangnya mendapat tiket yang diidam-idamkan dengan harga promo. Saya berhasil mendapatkan tiket pulang pergi ke Tehran dengan 2 juta rupiah saja. Dulu-dulu tak pernah bisa membeli tiket promo Air Asia ini karena jadwal cuti yang tidak fleksibel, jadinya selalu iri melihat orang yang bisa membeli tiket murah. Tapi, mulai tahun depan kondisinya berbeda, saya bisa menentukan jadwal liburan lebih fleksibel. Yay…

Tiket murah ke Tehran ini penting, karena Iran akan saya jadikan titik awal untuk menjelajahi negara-negara di sekitarnya seperti Armenia, Georgia (bukan Georgia negara bagian USA), Turki, Maroko, dan lain-lain. Coba saja Anda iseng cek harga tiket ke Istanbul atau Casablanca dari Jakarta, pasti harganya mahal. Nah, kalau kita sudah punya tiket ke Tehran, destinasi lain di sekitarnya bisa dicapai lewat jalur darat, atau menggunakan maskapai low cost carrier yang murah.

Oh ya, dari Tehran ini juga banyak penerbangan murah ke Eropa. Contohnya, tiket ke London hanya dilego 800 ribuan rupiah saja! Kalau mau yang lebih dekat seperti Yunani atau Italia, pasti harganya lebih murah lagi. Jadi, mulai sekarang pantau terus harga promo Air Asia ke Tehran. He he…

ke London dengan dengan Rp800 ribu, siapa mau?
Ini memang bukan kali pertama saya berkunjung ke Iran. Pertengahan 2015 lalu saya sudah menjelajahi banyak tempat di Iran, antara lain ke Isfahan, Shiraz dan Yazd. Jadi, highlight perjalanan tahun depan bukan Iran lagi, tapi negara-negara di sekitarnya. Setelah riset sana-sini, muncul pilihan Maroko, Georgia dan Armenia. Turki tentu saja tak bisa dilewatkan karena bakal masuk rute darat saya menuju ke Armenia dan Georgia. Kalau pilih ke Maroko, saya juga perlu ke Istanbul dulu karena dari sana banyak pilihan penerbangan murah ke Casablanca, Maroko.

Dari Istanbul ke Casablanca juga lumayan murah, padahal naik full service airlines
Turki pernah saya kunjungi sekitar 2010, lumayan lama jadi perlu ekslorasi lagi ke tempat-tempat yang dulu tak sempat saya jelajahi. Tapi, karena keterbatasan waktu, sepertinya saya harus memilih antara Maroko atau Armenia dan Georgia. Semuanya sangat menarik dan tidak pakai ribet harus mengurus visa segala. Alhasil, sekarang jadi galau. Ada yang bisa memberi ide mencerahkan, ke mana saya harus pergi? Atau mungkin sharing pengalamannya setelah berkunjung ke Maroko, Armenia dan Georgia?

Baca juga:
Trik Mendapatkan Tiket Pesawat Murah tanpa Menunggu Promo
Kampung Termahal di Kuala Lumpur
Menanti Matahari Terbit di Angkor Wat

4 comments:

  1. Wah, aku ngiri to the max, bisa dapat tiket promo. Aku kalah sama jaringan netku #hiks,gak dapat
    Hmm, Kalo aku boleh saran nih, mending ke Maroko aja, terus sekalian Explore sekitarnya/tetangga nya. Lumayankan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lain kali coba booking lewat applikasi Air Asia di hape, biasanya jauh lebih lancar.

      Delete
  2. ada yg mau ke maroko awal Mei kah? nyari barengan nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya enggak jadi ke Maroko, pilihan jatuh ke Armenia dan Georgia ☺

      Delete