10 Januari 2018

Asyik, Dapat Tiket ke India Harga 1 Jutaan!


Kalau berhasil dapat tiket promo ke destinasi yang diidamkan memang bisa bikin “fly”. Perasaan bete seketika hilang membayangkan perjalanan asyik bermodal irit yang bakal dijalani. Gara-gara ada promo tiket Air Asia rute Jakarta-Jaipur seharga Rp 1,1 juta pulang pergi, rencana saya untuk mengunjungi Kashmir dan Ladakh akan terlaksana pertengahan tahun ini! Harga ini jauh lebih murah dari promo kursi gratis rute Jakarta-New Delhi yang saya beli tahun lalu seharga hampir Rp 2 juta.

Baca juga: Sejorok Apa sih India?

Ini memang bukan kunjungan saya yang pertama ke India. Perjalanan terdahulu sebenarnya belum lama, sekitar akhir November 2017 lalu. Tapi tiket promo yang saya beli ini berangkatnya masih lama, jadi saya punya banyak waktu untuk persiapan. Terus kenapa memutuskan kembali ke India? Itu karena saya suka India dan belum puas dengan perjalanan yang pertama. Perjalanan November 2017 lalu lebih banyak mengunjungi monumen, sedangkan kunjungan yang kedua ini bakal berfokus di kawasan pegunungan, yakni Kashmir dan Ladakh.

Harga tiket promo Jakarta-Jaipur pp hanya Rp 1,1 jutaan
Selain di musim panas (Juni-September), kawasan Ladakh hanya bisa dijangkau dengan pesawat karena jalan raya tertutup salju tebal. Kalaupun bisa ditempuh dengan transportasi darat, daerah yang bisa dikunjungi sangat terbatas. Saya sebenarnya sudah menjajal sedikit rute darat legendaris dari Manali menuju Leh Ladakh, tapi hanya bisa naik sampai Keylong karena jalur selanjutnya sudah ditutup. Pemandangan sampai Keylong saja sudah sangat keren, apalagi kalau benar-benar bisa sampai ke Leh. Itu pula yang membuat saya memutuskan kembali ke India untuk menuntaskan perjalanan sebelumnya yang nanggung.


Terus kenapa sih rute Jakarta-Jaipur ini diobral sangat murah? Bisa jadi ini strategi Air Asia untuk memperkenalkan rute ini yang agaknya tak sepopuler penerbangan ke Delhi. Terbang ke Jaipur bisa jadi alternatif kalau kita tak menemukan harga murah untuk rute ke Delhi. Perjalanan dari Jaipur ke Delhi memakan waktu sekitar 4 jam menggunakan bus. Saya sendiri juga sudah pernah naik bus rute ini, menggunakan bus biasa tanpa AC yang ongkosnya 150 rupee atau Rp 30 ribuan saja. Nanti kalau ke Delhi saya bakal naik bus ini lagi soalnya murah, haha….

Naik bus ini dari Jaipur ke Delhi ongkosnya Rp 30 ribu saja


Bagi yang sudah membeli tiket promo ini dan berangkat saat musim panas (Juni-September), saya sangat tidak menyarankan Anda menghabiskan liburan di daerah Golden Triangle (Jaipur, Delhi, Agra) karena suhunya sangat panas. Lebih baik pergi ke daerah pegunungan seperti Kashmir dan Ladakh. Musim panas justru jadi waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut karena jalur darat semuanya sudah dibuka dan suhunya juga lebih nyaman.

Untuk menghemat waktu, saya pilih terbang dari Delhi menuju Srinagar di Kashmir, lalu menempuh jalur darat dari Srinagar, Kargil, Leh, Keylong, Manali, lalu kembali ke Delhi. Tiket pesawat Delhi-Srinagar harganya cukup terjangkau, saya beli tiket Air India seharga 1800 rupee atau sekitar Rp 380 ribu. Air Asia juga punya rute penerbangan ini, harganya biasanya lebih murah. Tapi saya tetap pilih Air India karena jadwal keberangkatannya tidak terlalu pagi. Penerbangan Delhi-Srinagar dengan Air Asia berangkat pukul 7 pagi, terlalu awal dan saya takut ketinggalan pesawat. Tak ada penerbangan langsung Jaipur-Srinagar, jadi kalau mau harga murah kita harus berangkat dari Delhi.

Jadi sudah siap ke Kashmir dan Ladakh tahun ini?

0 komentar:

Posting Komentar